Berikut ini saya berikan 10 jenis model pembelajaran beserta
langkah-langkah pembelajarannya, anda mungkin bisa memilih dan mencobanya
disesuaikan dengan materi pelajaran ...
1.
EXAMPLES NON EXAMPLES
Contoh dapat
dari kasus/gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah
:
•
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
•
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
•
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
•
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa
gambar tersebut dicatat pada kertas
•
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
•
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi
sesuai tujuan yang ingin dicapai
•
Kesimpulan
2.
PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah
:
•
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
•
Menyajikan materi sebagai pengantar
•
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan
materi
•
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan
gambar-gambar menjadi urutan yang logis
•
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
•
Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi
sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
•
Kesimpulan/rangkuman
3.
NUMBERED HEADS TOGETHER (Kepala Bernomor, Spencer Kagan, 1992)
Langkah-langkah
:
•
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor
•
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
•
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota
kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya
•
Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil
melaporkan hasil kerjasama mereka
•
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
•
Kesimpulan
4.
COOPERATIVE SCRIPT (Dansereau Cs., 1985)
Skrip
kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian
secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah
:
•
Guru membagi siswa untuk berpasangan
•
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat
ringkasan
•
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara
dan siapa yang berperan sebagai pendengar
•
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan
ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
pendengar :
-
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
-
Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi
sebelumnya atau dengan materi lainnya
•
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan
sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
•
Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
•
Penutup
5.
KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi Dari Number Heads)
Langkah-langkah
:
1.
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor
2.
Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap
tugas yang berangkai
Misalnya :
siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan
siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
6.
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh
keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari
kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling
membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
7.
Laporkan hasil dan tanggapan dari
kelompok yang lain
8.
Kesimpulan
6.
STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM SISWA
KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah
:
1.
Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran
menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2. Guru
menyajikan pelajaran
3.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua
anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab
kuis tidak boleh saling membantu
5.
Memberi evaluasi
6.
Kesimpulan
7.
JIGSAW (MODEL TIM AHLI) (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp,
1978)
Langkah-langkah
:
1.
Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
4.
Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang
sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab
mereka
5.
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok
asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka
kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.
Guru memberi evaluasi
8.
Penutup
8.
PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
(Pembelajaran
Berdasarkan Masalah)
Langkah-langkah
:
1.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang
dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang
dipilih.
2.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar
yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal,
dll.)
3.
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen
untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data,
hipotesis, pemecahan masalah.
4.
Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti
laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
5.
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
9.
ARTIKULASI
Langkah-langkah
:
1.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua
orang
4.
Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima
dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil,
kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
5.
Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya
dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
wawancaranya
6.
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami
siswa
7.
Kesimpulan/penutup
10.
MIND MAPPING
Sangat baik
digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah
:
1.
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh
siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4.
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5.
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya
dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6.
Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru
memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
Sumber : http://www.kompasiana.com