Rabu, 20 Januari 2016

PR Matematika Kelas 2 SD yang Bikin Heboh





PR Matematika milik anak kelas 2 SD di Semarang yang heboh di sosial media ini juga membuat para profesor dan dosen Matematika ikut berdebat. Profesor astrofisika dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, mengatakan, antara 4 x 6 dan 6 x 4 memang berbeda.
“Samakah 4 x 6 dan 6 x 4? Hasilnya sama, 24, tetapi logikanya berbeda. Itu adalah model matematis yang kasusnya berbeda. Konsekuensinya bisa berbeda juga,” tulis Thomas dalam akun Facebooknya.
Profesor fisika, Yohanes Surya juga berpendapat sama. Menurutnya, bila diminta mengekspresikan 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 dalam perkalian, maka jawabannya adalah 6 x 4. Itu bukan soal benar salah, melainkan kesepakatan dalam mengekspresikan penjumlahan berulang dalam perkalian.
Iwan Pranoto, dosen Matematika ITB juga ikut berkomentar. Dia mengatakan bahwa 4 x 6 dan 6 x 4 sebenarnya sama saja. Sehingga jawaban bahwa 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = 4 x 6 tidak bisa serta-merta disalahkan. Dalam matematika, menurutnya tidak ada kebenaran, yang ada kesahihan. Jika penalaran sahih, maka bisa diterima walaupun kesimpulannya aneh.



Posting Komentar